MY DRAGONADOPTERS

Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters

Minggu, 03 Januari 2010

Sebab-sebab V-belt Motor Matic Cepat Putus


Pada umumnya, umur pakai v-belt di skubek anatara 15.000-20.000 kilometer. Lewat dari itu, v-belt biasanya putus secara mendadak tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Itu diakui teman-teman saya yang v-belt motornya putus secara mendadak.

Selain karena usia pemakaian yang lebih, ada beberapa hal menjadi penyebab putusnya v-belt, dan semuanya bisa dideteksi kalau mau sedikit berusaha. Inilah bagian-bagian yang perlu dicermati.
1. Lihat bagian dalam atau bagian bergigi dari v-belt. Tanda-tanda mau putus biasanya ada yang retak-retak. Kalau tidak kelihatan retaknya bisa juga menekuk v-belt.


2. Di sisi samping belt, sudutnya terlihat lebih ramping atau tajam ( aus ) ketimbang belt standar atau yang masi baru. Itu menandakan belt sudah aus akibat gesekan dengan puly. Jika sudah aus—belt menjadi mulur—menimbulkan suara berisik di rumah CVT, seperti rantai yang kendur, karena belt bergesek dengan tutup CVT atau crankcase.

Pengaruhnya, Akselerasi awal biasanya jadi selip atau tarikannya berat. Seperti gas diputar tapi tenaga tidak sesuai putaran mesin. Biasanya orang mengira itu pengaruh dari karburator, jadi jangan salah kaprah.

3. Pemakaian ukuran ban yang tak lazim, misalnya 140/80-14. Belt butuh tekanan lebih besar untuk menggerakkan roda. Inilah yang bikin belt cepat aus. Selain itu, tenaga yang besar—akibat pemakaian ban lebar—juga bikin belt cepat aus.

4. Rute perjalanan yang panjang seharian juga bikin daya tahan v-belt berkurang lalu membuatnya cepat putus. Misalnya, sekali jalan puluhan kilometer tanpa istirahat dicampur macet. Walau pemakaian masih sekitar 10.000 km, v-belt bisa saja putus.Maka untuk yang hobi touring disarankan membawa v-belt cadangan. Tentunya juga harus mengerti cara mengganti v-belt itu sendiri.

Untuk menangkal semua itu, enggak ada salahnya dilakukan pengecekan rutin. Itu bisa dilakukan waktu senggang.

6 komentar:

olle mengatakan...

selain itu bisa juga adanya material asing yg masuk/nyelip diantara v-belt dan pulleynya atau antar pulley tidak centre.

sony mengatakan...

gan gimana cara gantinya v-belt apa bila berada di perjalanan dan saya selalu bawa v-belt cadangan. kebeteluan saya hobi touring

Iskandar mengatakan...

spido 8600KM barusan aja ganti V-belt ama roller 1 buah

Gejalanya Akselerasi awal biasanya jadi selip, setelah jalan ada serasa seret² waktu berputarnya v belt, bunyi gruduk gruduk seperti gerbong kreta api waktu melintas di dalam rumah CVT ketika mesin di hidupkan langsam.

Saya pakai RING 16 roda depan dan belakang. Pemakaian yang tidak normal sehari harinya seperti suka kebut kebutan..

Anonim mengatakan...

mtor saya aman dr ptus belting,, mknya perawatan pnting

Unknown mengatakan...

Pelek 17 roler 9 pemakaian 13000km skrg larinya lemot knp y??? Apa v-beltnya n roler auss
kasih saran tolong y!!!!!

Anonim mengatakan...

J> Belt untuk Motor Matic dijamin murah dan bagus

http://kask.us/hn27c

Posting Komentar

jangan lupa kasih komentar

WELCOME TO MY BLOG © 2008 Template by:
SkinCorner