MY DRAGONADOPTERS

Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters

Sabtu, 03 Oktober 2009

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI KETIKA MENJELAJAH INTERNET

Memang sangat disarankan berinternet ria di ranah maya dengan penuh kehati-hatian, penuh etika baik dan moril, tidak meng-crack, dan tidak bertindak kriminalitas di dunia maya tersebut. Dan, bagi Anda yang ingin menjadi pengunjung dunia Internet yang aman dari kelakuan para User yang berbahaya entah dimana, bisa mencoba trik – trik berikut ini. Selain itu, kalau bermanfaat, tolong diberikan juga ilmunya kepada orang lain, beramal ilmu gitu looch... Naah, silahkan dibaca trik – triknya,,,
1. Jangan mencantumkan secara jelas data yang tidak diperlukan dan mungkin bersifat sensitif bagi orang lain, misalnya saja No. HP / Handphone Anda di data pribadi Anda di situs- situs jaringan Internet / forum – forum Internet yang Anda ikuti. Lebih baik memberi tahu No. HP / Handphone Anda melalui E-mail, karena tentu saja lebih aman.

2. Jangan pernah mempublikasikan data tanggal lahir Anda. Sebaiknya di Setting “Hidden” atau “Private”, atau tersembunyi agar tidak bisa diketahui orang lain.

3. Jangan pernah juga mempublikasikan data nama Bapak dan Ibu Anda, karena nama orang tua bisa disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab, tentu saja untuk keperluan yang Anda sendiri juga tidak tahu.

4. Jangan pernah menuliskan / mem-Posting-kan alamat e-mail Anda dalam format sebenarnya. Sebaiknya ditulis dalam bentuk samaran, misalnya king.madani at yahoo.com atau bisa juga king.madani + yahoo.com ( Waah, pamerin alamat E-mail niiih ). Bisa juga dibuat Banner yang gambarnya adalah tulisan alamat E-mail. Karena, cara - cara tersebut terbukti ampuh menangkal pengkoleksian alamat E-mail secara otomatis oleh para Spammer.

5. Jika Anda menerima “E-mail” dari seseorang yang tidak pernah Anda kenal “alamat E-mailnya”, tidak perlu membalasnya. Anda boleh saja membuka isi pesan elektronik tersebut, namun hati – hati terhadap link yang tercantum di dalamnya. Sebaiknya tidak perlu juga-lah meng-klik Link – link yang mungkin ada, karena, ada kemungkinan link tersebut berisi pemicu untuk pengiriman atau pengaktifan “Trojan” di komputer Anda. ( Waduuh, ngeri niih )

6. Jika Anda menerima “E-mail” yang meminta Anda untuk meng-klik link di dalamnya, selalu periksa asal E-mail / alamat si Pengirim E-mail. Misalnya ada E-mail masuk yang seolah – olah datang dari Facebook.com tetapi setelah Anda perhatikan secara detail, alamat E-mail tersebut, terutama pada “E-mail From”, ternyata bukan dari “E-mail” yang menggunakan domain Facebook.com ini bisa dipastikan “E-mail” tersebut adalah palsu. “E-mail” seperti ini dikenal dengan nama “Phising”. Hal semacam ini banyak melanda para pengguna Internet Banking dengan tujuan mencuri data Login.

7. Jika Anda mendapatkan permintaan untuk menjadi teman, misalnya di Facebook.com atau di Friendster.com sedangkan Anda tidak mengenal orang tersebut, berhati – hatilah, janganlah ragu untuk mengabaikan / menolak. Tapi, itu terserah Anda jika Anda memang tergiur dengan tampilan gambar profilnya / Akunnya, saya tidak jamin.

8. Kembali ke “E-mail”, jika Anda mendapatkan “E-mail” dari seseorang yang berpromosi kepada Anda, dan sebelumnya sang pengirim tidak meminta izin, centang “E-mail” itu, kemudian klik “ Report Spam “, itu berarti menghukum sang pengirim “Email” dengan mengkategorikannya sebagai “Spammer”.

9. Jangan meng-Upload foto yang di dalamnya terdapat orang lain, dan foto tersebut bisa bersifat sensitif bagi orang tersebut. Kalau Anda lakukan, Anda bisa termasuk kategori pelaku “Cyberbullying”, yaitu kegiatan mengganggu, membuat malu, dan menjelek-jelekkan, hingga membunuh karakter orang lain dalam dunia Internet.

10. Jangan pernah membuat tulisan atau Posting-an yang isinya bersifat gunjingan, dugaan, atau tuduhan menyangkut orang – orang atau lembaga yang bisa berimplikasi pencemaran nama baik atau tuduhan. Jangan pernah pula meneruskan “E-mail” seperti itu kepada orang lain. Walau Anda bukan pembuatnya, Anda tetap bisa mendapatkan jatah perkara hukum. ( Pasti Anda tidak mau, bukan ? )

11. Jika Anda menjadi korban “Cyberbullying”, atau menjadi korban kejahatan Cyber, sangat dianjurkan untuk berbagi cerita kepada teman – teman / orang lain, supaya bisa menjadi pelajarn berharga untuk mereka.

12. Taatilah selalu Etika Berinternet. Tetap saja, intinya bertindak sopan di Internet, seperti sopan santun di alam nyata.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa kasih komentar

WELCOME TO MY BLOG © 2008 Template by:
SkinCorner