MY DRAGONADOPTERS

Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters Dragonadopters

Jumat, 30 Oktober 2009

fosil ikan hamil dengan embrio


JAKARTA, KAMIS - Seekor ikan "berbaju zirah" yang memiliki sisik tebal dan kaku tengah bunting saat tewas 380 juta tahun lalu. Fosilnya berikut embrio yang ada di rahimnya dan tali pusar masih terlihat jelas saat ditemukan. "Saat melihat ada embrio di dalam ikan tersebut, saya sangat terkesima," ujar John Long, seorang paleontolog dari Museum Victoria, Melbourne, Australia, yang melaporkan temuannya itu dalam jurnal Nature edisi 19 Mei 2008. Long dan timnya menemukan fosil tersebut saat melakukan ekspedisi di kawasan yang disebut Formasi Gogo di Australia Barat.
Fosil tersebut berasal dari spesies Materpiscis attenborough, jenis ikan berkulit keras dengan rahang besar. Ikan sepanjang 25 sentimeter ini hidup pada periode Devonian, 417-354 juta tahun lalu. Saat ikan tersebut hidup, kawasan Australia Barat merupakan kawasan karang tropis.

Penemuan embrio dalam tubuh ikan setua itu memecahkan rekor embrio tertua sebelumnya yang berusi 200 juta tahun. Struktur embrio juga menguatkan pendapat bahwa pembuahan di dalam tubuh pada hewan bertulang belakang awalnya berkembang dari kelompok ikan primitif.
Hal tersebut juga memastikan bahwa ikan primitif telah memiliki sistem reproduksi biologi yang kompleks seperti halnya ikan hiu atau ikan pari. Sebelumnya, fosil embrio ikan juga ditemukan dari jenis ikan purba Austroptyctodus gardineri. Pada tahun 2006, para ilmuwan juga mengumumkan penemuan fosil berusia 100 juta tahun dari seekor Ichtyosaurus yang tengah hamil.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa kasih komentar

WELCOME TO MY BLOG © 2008 Template by:
SkinCorner